Kamis, 08 Juni 2017

Kuatkan Ukhuwah Islamiyah


Kajian & Buka Bersama Pemuda Kuningan 1438 H

Sleman- Kamis sore(08/06/2017) pemuda-pemudi kampung Kuningan-Karangmalang, CT, Depok, Sleman mengadakan serawung dalam acara Kajian & Buka Bersama Pemuda Kuningan. Dimulai dari pukul 16.30 – 17.31 WIB. Acara ini mengangkat tema “Kuatkan Ukhuwah di Bulan Penuh Berkah” yang dibersamai oleh Ustadz Vivit Nur Arista Putra yang akrab dipanggil dengan Ustadz Vivit.
Ustadz Vivit memulai kajiannya dengan membahas tentang kabar gembira yang Allah berikan kepada kaum muslim yaitu bulan Ramadhan. Dimana pada bulan tersebut pahala amalan dilipat gandakan dengan maksud agar manusia dapat ber-Fastabiqul Khairat, berlomba-lomba dalam kebaikan. Akan tetapi, dalam kenyataannya beberapa manusia ada yang masih berbuat kemungkaran. Mengapa bisa terjadi? Ada dua kemungkinan penyebabnya, yaitu tidak semua setan dibelenggu oleh Allah dan memang manusia memiliki potensi untuk berbuat kemungkaran.
Dalam Al-Quran surat Al-Hujurat ayat 10, Allah berfirman:
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
Artinya : Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.
Ukhuwah yang paling tinggi adalah kuwah yang dibangun diatas dasar Keimanan. Dimana setiap ditanya tentang iman Rasulullah selalu menjawabnya dengan menghubungkan dengan hubungan sosial. Sedangkan jika ditanya tentang Islam, maka dijawab dengan menghubungkan dengan Iman itu sendiri. Sehingga untuk mengetahui tingkat keimana seseorang, maka yang bisa kita jadikan patokannya adalah sifat social orang tersebut. Ada tiga tipe manusia berdasarkan akadar keimanan dan sifat ukhuwahnya, yaitu:
1.       Orang dengan Keimanan yang bagus tetapi Sifat Ukhuwahnya jelek
2.       Orang dengan Sifat Ukhuwahnya  bagus tetapi Keimanannya jelek
3.       Orang dengan Keimana dan Sifat Ukhuwahnya bagus
Ukhuwah banyak sekali membahas tentang tetangga, Karena tetangga adalah orang yang hidup berdampingan dengan kita. Ada tiga jenis tetangga jika dilihat dari statusnya, yaitu:
1.       Tetangga yang muslim, karib, dan kerabat
2.       Tetangga yang muslim dan karib
3.       Tetangga non muslim
Selain itu ukhuwah juga membicarakan tetang memulyakan tamu. Setiap muslim mempunya kewajiban terhadap hak muslim yang lain, yaitu:
1.       Menjawab salam
2.       Menjenguk saudara yang sedang sakit
3.       Mengantarkan jenazah ke pemakaman
4.       Menghadiri undangan
5.       Mendoakan orang yang sedang bersin.
Bila berbicara tentang menjawab salam, ada dua fungsi dari salam itu sendiri. Yaitu salam sebagai doa dan sebagai deklarasi. Salam sebagai doa, bahwa salam merupakan doa bagi yang kita beri salam. Sedangkan salam sebagai deklarasi, orang yang mengucapkan salam menyatakan bahwa orang yang diberikan salam itu terhindar dari kejahatan orang yang memberikan salam.
Karena ukhuwah yang baik itu adalah yang didasarkan dengan keimana, maka kita patut memperhatikan tingkat keimanan kita. iman setiap manusia yang ada didalam hati itu bersifat flutuatif, kadang tinggi kadang rendah. Jika diibaratkan iman adalah sebuah kelereng dan hati adalah sebuah bola, maka kelereng yang adad di dalam bola apabila bola diguncang-guncangkan maka kondisi kelereng tersebut juga berubah-ubah. Sehingga kita diperintahkan oleh Allah selalu berdoa agar keimana kita selalu dijaga oleh Allah.

Penulis: Divisi Umum Panitia Pesona Ramadhan Kuningan 1438 H
Present by: Divisi Kominfo Takmir Masjid Al-Munawwar Kuningan 

0 komentar:

Posting Komentar